Beredar Video Petugas Panwascam Banyusari Bawa Dokumen C 1 dalam Karung

Iklan Semua Halaman


Header Menu

Beredar Video Petugas Panwascam Banyusari Bawa Dokumen C 1 dalam Karung

BaliKini News
Sabtu, 27 April 2019

Karawang, Balikini.News ■ Beredar video Komisioner Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam)  Banyusari, Karawang,  dimana dalam video yang berdurasi 57 detik tampak salah satu komisioner Panwascam perempuan diamankan petugas keananan saat akan membawa form C 1 dalam karung. Kejadiannya pada malam Senin (20/4) sekitar pukul 23.00 WIB.

Ketua Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Karawang,  Kursin Kurniawan menjelaskan peristiwa tersebut terjadi di PPK Kecamatan Banyusari pada malam hari saat rekapitulasi perolehan suara berjenjang dari tinggkat KPPS ke kecamatan. Namun Dia menegaskan form C1 yang dipegang komiaoner panwascam bernama Herlina itu milik panwas yang hasil dari tiap-tiap panwas lapangan yang ada di tiap TPS.

"Dokumen C1 itu milik panwas bukan diambil di kantor PPK, apalagi rumor adanya pencurian C 1, tidak benar itu, " kata Kursin,  Jum'at (26/4) saat dihubungi.

Ia,  menerangkan form C 1 itu merupakan dokumen sah milik panwas, yang digunakan untuk data sanding saat dilakukan rekapitulasi berjenjang ditingkat kecamatan dan kabupaten nantinya. Dan itu kejadiannya sudah malam tujuannya dokumen itu akan diamankan kembali ke kantor panwascam bukan mengambil C1 di PPK Banyusari.

"Petugas panwas bernama Herlina itu mau mengamankan kembali dokumen ke kantor panwas, jadi diluruskan bukan aksi pencurian C 1," terangnya.

Bawaslu telah meminya keterangan  sejumlah pihak dan investigasi ke lapangan  ke Panwascam  Banyusaru dan  dalam peristiwa tersebut adanya kesalahpahaman atau miss komunikasi dan sudah tidak ada masalah lagi.

"Sudah clear, hanya terjadi kesalah pahaman, "tutupnya.