Mas Sumatri Minta Samakan Persepsi untuk Kesuksesan Pemilu

Iklan Semua Halaman


Header Menu

Mas Sumatri Minta Samakan Persepsi untuk Kesuksesan Pemilu

BaliKini News
Selasa, 09 April 2019

Karangasem, Balikini.news -  Setiap komponen yang ada di Kabupaten Karangasem, khususnya yang berkaitan dengan penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) harus memiliki kesamaan persepsi untuk mensukseskan penyelenggaraan Pemilu, baik Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019.

Bupati Mas Sumatri menekankan hal itu, saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Sinergitas Forkopimda dengan Penyelenggara Pemilu Dalam Rangka Pemilu Damai dan Aman di Aula Villa Taman Surgawi Ujung, Selasa (9/4/2019).

Menurut Mas Sumatri,  tujuan dari rapat ini adalah untuk menyamakan persepsi dari setiap komponen yang terlibat pada penyelenggaraan Pilpres dan Pileg 2019 di Karangasem. Secara umum, pelaksanaan pemilu dikatakan berhasil apabila berjalan aman dan tidak memunculkan permasalahan sosial lainnya.

"Lewat pertemuan ini, diharapkan pula teridentifikasi berbagai hal negatif yang dapat mengganggu penyelenggaraan pemilu. Untuk itu, saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Kapolda dan jajaran, juga aparat TNI yang saya yakini telah mendapatkan arahan untuk mensukseskan penyelenggaraan pemilu nantinya," papar Mas Sumatri.

Mas Sumatri juga menilai bahwa suksesnya pemilu dibuktikan dengan adanya peningkatan partisipasi masyarakat atau pemilih. Artinya, penggunaan hak pilih meningkat dari tahun sebelumnya. Disamping upaya untuk meningkatkan partisipasi pemilih, semua pihak juga patut mengedepankan upaya pemberantasan money politic dan black campaign. Utamanya di media sosial, termasuk penyebaran ujaran kebencian.

Pada rapat ini, hadir Sekda Kab. Karangasem Adnya Mulyadi, Ketua Bawaslu Putu Suastrawan, perwakilan dari anggota KPU, perwakilan Kajari, perwakilan Dandim 1623, perwakilan Kepolisian Resort Karangasem dan para Kepala OPD terkait.