Tim Yogyakarta Smart Province Kagumi Pelayanan Smart Village Desa Dangri Kangin


Denpasar, Balikini.news - Desa Dangin Puri Kangin Denpasar Utara sukses mengembangkan Smart Village melalui aplikasi M-Desa yang merupakan pengembangan dari E-Sewaka. Keberhasilan tersebut menjadikan Desa Dangin Puri Kangin meraih prestasi dan penghargaan di tingkat nasional hingga internasional. Bahkan berbagai daerah di Indonesia dan Delegasi Annual Meeting IMF-World Bank pernah mengunjungi Desa Dangin Puri Kangin untuk melihat secara langsung pelayanan berbasis digital yang diterapkan.

Kali ini Desa Dangin Puri Kangin kembali mendapat kunjungan dari Tim Yogyakarta Smart Province, Dinas Komunikasi dan Informatika Daerah Istimewah Yogyakarta untuk melakukan studi komparasi Smart Village.

Rombongan disambut hangat Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, IB Alit Wiradana didampingi Perbekel Desa Dangin Puri Kangin IGN Putrawan di Ruang Rapat Kantor Desa Dangin Puri Kangin, Rabu (10/4).

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, IB Alit Wiradana mengatakan sebagai kota smart city Pemerintah Kota Denpasar dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dari tingkat desa telah memanfaatkan kemajuan digitalisasi teknologi.

Menurutnya, Desa Dangin Puri Kangin adalah pelopor utama seluruh desa yang ada di Kota Denpasar dalam menerapkan digitalisasi teknologi.

Bahkan Wiradana mengaku Desa Dangin Puri Kangin telah sukses sebagai desa terbaik di Indonesia karena telah mengembangkan Smart Village melalui Aplikasi M-Desa yang merupakan pengembangan dari E-Sewaka.

Lebih lanjut Dia menjelaskan, pengembangan Smart Village melalui M-Desa di Desa Dangin Puri Kangin, merupakan komitmen Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra bersama Wakil Walikota IGN Jaya Negara dalam memberikan pelayanan secara cepat, mudah dan transparan kepada masyarakat.

"Keberhasilan penerapan smart village tentunya karena peran serta berbagai pihak diantaranya masyarakat dan Organisasi Perangkat Daerah Pemerintah Kota Denpasar terkait," ucapnya.

Perbekel Desa Dangin Puri Kangin IGN Putrawan menambahkan, beragam inovasi yang berhasil diwujudkan ini tidak terlepas dari inovasi dan sinergitas antara masyarakat, pemerintah desa dan Pemerintah Kota Denpasar. Dimana dengan pengembangan program berbasis digitalisasi ini tentu dapat mewujudkan smart village dan digital village yang merupakan pengejawantahan dari program smart city Kota Denpasar.

Melalui M-Desa ini, menurut Putrawan pelayanan masyarakat dapat dipermudah seperti surat kependudukan dan kegiatan pemerintahan desa berada dalam genggaman. Dimana masyarakat Desa Dangin Puri Kangin dapat mengunduh aplikasi M-Desa ini pada smart phone android.

"Dengan aplikasi ini pelayanan kepada masyarakat menjadi lebih maksimal, hal ini dikarenakan masyarakat dapat melaksanakan pengurusan administrasi kapan pun dan dimanapun," jelasnya.

Selain itu, melalui aplikasi ini juga dapat mempermudah didalam proses santunan kematian kepada alih warisnya.  Tidak hanya itu, Desa Dangin Puri Kangin dalam mengelola keuangan desa sangat transparan  karena menerapkan sistem Siskeudes.

Salah satu Tim Yogyakarta Smart Province, Dinas Komunikasi dan Informatika Daerah Istimewah Yogyakarta Drs. Bayu Februarino Putro mengaku kagum dengan  pelayanan Desa Dangin Puri Kangin Kecamatan Denpasar Utara.

Menurutnya, aplikasi yang diterapkan sangat bagus dan luar biasa. Aplikasi ini juga mendapat dukungan dari berbagai pihak dari masyarakat hingga Walikota Denpasar.

Yang lebih hebat lagi, menurutnya komitmen masyarakat untuk mengikuti inovasi ini.  Hal ini bagi kami sangat luar biasa. Selain itu perpaduan budaya sama-sama tumbuh dengan kemajuan teknologi. "Maka dari itu, hal ini menjadi yang menarik bagi kami untuk dipelajari di Yogyakarta, mengingat karakter Bali dengan Yogyakarta hampir sama," ucapnya.

Mudah-mudah kegiatan ini bisa berlanjut, bahkan sehingga kemajuan Desa Dangin Puri Kangin bisa berguna untuk seluruh Indonesia dan dunia. (ayu)

Belum ada Komentar untuk "Tim Yogyakarta Smart Province Kagumi Pelayanan Smart Village Desa Dangri Kangin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel