Wabup Sanjaya Hadiri Karya Agung Petemon lan Ngenteg Linggih

Iklan Semua Halaman


Header Menu

Wabup Sanjaya Hadiri Karya Agung Petemon lan Ngenteg Linggih

BaliKini News
Jumat, 05 April 2019

Tabanan, Balikini.Net - Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya Kamis (04/04) menghadiri Karya Agung Petemon lan Ngenteg Linggih,  di Pura Siwa Banjar Kebon, Desa Pndak Gede, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan.

Turut hadir dalam acara tersebut anggota DPRD Kabupaten Tabanan I Putu Eka Nurcahyadi, Anggota DPRD Provinsi Bali I Ketut Purnaya, dan Camat Kediri  I Made Murdika.

Ketua Panitia I Gusti Ketut Artayasa, mengatakan karye Agung Petemon Lan Ngenteg Linggih di Pura Siwa Banjar Kebon, Desa Pandak Gede ini merupakan upacara yang hanya dilaksanakan tiap 33 tahun sekali yang bertujuan untuk menjadikan bumi atau dalam konteks yang lebih kecil yaitu pura agar menjadi tempat berstananya Ida Sanghyang Widi Wasa. “Untuk menjadikan stana Tuhan, konsepnya dari niskale ke sekale, maka kita menjemput kehadiran beliau untuk berstana dialam sekala melalui upacara dan upakara yang kita kenal dengan Ngenteg Linggih, Upacara ini dipuput oleh Ida I Gusti Agung Mangku Pandita Dwija Dharma Putus dari Jero Siwa Satria Pandak Gede.” Jelasnya.

Artayasa melanjutkan, dengan pengempon pura yang berjumlah 500 KK, persiapan pelaksanaan karya yang jatuh pada Saniscara kliwon wuku wayang tanggal 20 April telah dilakukan dari 3 bulan lalu. “Perkiraan dana yang dihabiskan sekitar  300 juta rupiah,” ujarnya.

Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya mengungkapkan kebahagiaannya karena bisa menghadiri karya Agung Petemon Lan Ngenteg Linggih di Pura Siwa Banjar Kebon Desa Panadak Gede Kediri tersebut. Dan dirinya juga  memberikan apresiasi kepada prajuru karena telah mampu membangun spirit dan membangkitkan  semangat gotong royong sehingga tumbuh rasa tulus iklhlas dalam  melaksanakan karya karya Ngenteg Linggih tersebut. “ Apresiasi kepada prajuru, krama desa, karena dalam pelaksanaan karya ini, telah didasari semangat gotong royong, dan rasa tulus iklas,”ujarnya.

Wabup Sanjaya menambahkan karya Ngenteg Linggih di Benjar Kebon Desa Pandak Gede, dipuput oleh Sulinggih, pelaksanaannya didasari oleh semangat gotong royong krama, dan terakhir disaksikan oleh pemerintah.”Dengan tiga elemen yaitu sulinggih, masyarakat, dan pemerintah yang menyaksikan karya, niki sampun mewasta karya sadwika utaming utama. Ini adalah bagian dari pembangunan Tabanan dalam rangka mewujudkan Tabanan Serasi, ”kata Wabup Sanjaya.

Dalam kesempatan tersebut Wabup Sanjaya juga menghaturkan punia yang diterima oleh ketua panitia dan acara diakhiri dengan melakukan persembahyangan bersama.*