Tirtayatra sebagai Upaya Pengendalian Diri dalam Pelaksanaan Tugas Kodam IX/Udayana

Iklan Semua Halaman


Header Menu

Tirtayatra sebagai Upaya Pengendalian Diri dalam Pelaksanaan Tugas Kodam IX/Udayana

BaliKini News
Minggu, 19 Mei 2019

Bali, Balikini.News ■ Kodam IX/Udayana menggelar kegiatan Tirtayatra yang ke dua kalinya setelah sebelumnya pada Sabtu (04/05/2019)  dilaksanakan di Pura Lempuyang.

Kegiatan Tirtayatra kali ini sangat special, karena bertepatan dengan pelaksanaan Ibadah  Bulan Suci Ramadhan yaitu merupakan bulan yang penuh berkah dan penuh ampunan untuk Umat Muslim.

Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Kasuri bersama Para Pejabat Kodam IX/Udayana turut serta hadir untuk menyaksikan prosesi kegiatan Tirtayatra dalam rangka peringatan HUT ke-62 Kodam IX/Udayana yang dilaksanakan di dua tempat Ibadah Umat Hindu yaitu di Pura Ulundanu Batur di Kecamatan Kintamani, Bangli dan pura terbesar di Indonesia yaitu Pura Agung Besakih di Kecamatan Rendang, Karangasem. 

Kapendam IX/Udayana, Kolonel Kav Jonny Harianto G, S.I.P., di tempat terpisah mengatakan, bahwa di HUT ke-62 Kodam IX/Udayana yang salah satu rangkaian kegiatannya menggelar kegiatan Tirtayatra yang dimaknai bagi Umat Hindu sebagai Perjalanan Suci, ini bukanlah perjalanan biasa untuk bersembahyang, namun didalamnya termuat pengendalian diri dan pengekangan diri, karena dalam perjalanan akan terjadi suatu komunikasi sosial dan juga mendekatkan antara Umat Hindu khususnya dengan tempat suci/pura.

“Makna penting dari kegiatan ini adalah bahwa Prajurit Kodam IX/Udayana sejati diusianya yang cukup matang ini, diharapkan selalu dapat mengendalikan diri dalam setiap pelaksanaan tugasnya," demikian tambah Kapendam.

Saat Prajuru Desa Adat Besakih, Jro Mangku Jati menyambut kedatangan rombongan Tirtayatra di Pura Penataran Agung Besakih menyampaikan, ucapan selamat datang kepada Bapak Kasdam beserta rombongan di Pura Agung Besakih dan Selamat Ulang Tahun ke-62 Kodam IX/Udayana, semoga Kodam IX/Udayana selalu jaya, sejahtera dan damai.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Kapok Sahli Pangdam IX/Udy, Staf Ahli Pangdam IX/Udy Bidang OMSP, Staf Ahli Pangdam IX/Udy Bidang Hukum Humaniter, Aster Kasdam IX/Udy, Kabintaldam IX/Udy, LO AL, Waka Kesdam dan Waka Bintaldam IX/Udy, Dandim 1623/Karangasem dan Kasdim 1626/Bangli serta Para Perwira dan anggota Kodam IX/Udayana sebanyak 300 orang.

■ Made Asnawa