Ngaben Massal, Pemkab Klungkung Hadir Ditengah Krama

Iklan Semua Halaman


Header Menu

Ngaben Massal, Pemkab Klungkung Hadir Ditengah Krama

BaliKini News
Jumat, 21 Juni 2019

KLUNGKUNG, Balikini.News ■ Empat Banjar di Desa Tohpati, Kecamatan Banjarangkan akan menggelar Upacara Pitra Yadnya/Ngaben Massal pada Sukra Paing Gumbreg, Jumat 21 Juni 2019. Berbagai persiapan telah dilakukan masing-masing Panitia kelompok Ngaben dan Pengarep Sawa. Diantaranya menyiapkan Wewantenan dan Bade sebagai sarana pelaksanaan Yadnya.

Empat Banjar yang melaksanakan Pitra Yadnya masing-masing Banjar Wanasari yang mengupacarai 6 Sawa, Banjar Blimbing mengupacarai 13 Sawa, Banjar Tengah mengupacarai 17 Sawa, Banjar Togoh mengupacarai 11 Sawa dan satu Sawa yang diupacarai kelompok/Semeton Pande Urip Wesi Banjar Togoh, Desa Tohpati.

Sebagai bentuk perhatian dan dukungan terhadap warganya, Pemkab Klungkung senantiasa hadir ditengah-tengah krama yang melaksanakan Yadnya. Sebagai istri Bupati Klungkung, Ny. Ayu Suwirta menghadiri rangkaian persiapan pelaksanaan Upacara Pitra Yadnya ini, Kamis (20/6/2019).

Dilokasi yang dikunjungi, Ny. Ayu Suwirta mendoakan dan berharap Yadnya yang dilaksanakan krama sebagai bentuk kewajiban kepada Pitara (orang yang sudah meninggal) dapat berjalan lancar sesuai harapan. “Semoga semua rangkaian Yadnya ini berjalan lancar,” ujar Ayu Suwirta.

Sementara dihari yang sama, Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta bersama Ny. Sri Kasta juga menghadiri persiapan pelaksanaan Yadnya tersebut. Didampingi Camat Banjarangkan I Gusti Agung Putra Mahajaya, Wabup mengunjungi satu persatu lokasi persiapan pelaksanaan Pitra Yadnya ini.

Wabup berharap masyarakat bisa bersama-sama menjaga kerukunan agar nantinya segala rangkaian pelaksanaan Upacara Ngaben masal ini bisa berjalan dengan sebaik-baiknya.

“Jaga kerukunan dan semangat gotong-royong agar tetap dijaga sehingga upacara Ngaben masal bisa berjalan lancar,” harapnya.

Sementara itu, salah seorang Panitia Pitra Yadnya, Nyoman Norji menyampaikan terima kasih atas perhatian dan dukungan serta doa dari pemerintah Kabupaten Klungkung. Panitia Ngaben massal di Banjar Togoh ini menyebutkan rangkaian pelaksanaan Ngaben massal telah dimulai sejak Kamis (23/5) dengan prosesi Nanceb Rompok.

Selanjutnya pada Rabu (19/6) dilakukan prosesi Ngagah dan Mersihin. Puncak Upacara akan dilaksanakan pada Sukra Paing Gumbreg, Jumat (21/6) dan akan dilanjutkan dengan Upacara Ngeroras pada Redite Umanis Warigadean, Minggu (30/6) mendatang.[nom/r5]