Usai Latihan Menyelam, Kapolda Bali Pimpin Bersih-bersih Sampah Plastik di Pulau Menjangan


Balikini.News ■ Menjaga alam merupakan satu konsep yang diwarisi orang Bali sesuai ajaran Tri Hita Karana. Konsep Tri Hita Karana inilah yang diterapkan Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose sejak menjabat sebagai Kapolda Bali.

Ia menjaga keharmonisan hubungan antara manusia dengan alam lingkungannya (Palemahan), yaitu dengan memimpin aksi bersih-bersih sampah plastik di sekitar Pulau Menjangan, Buleleng, Jumat (12/7/2019).

Kapolda mengajak puluhan anggota Polri yang telah selesai melaksanakan latihan menyelam agar memungut sampah plastik, puntung rokok dan sampah lainnya. Kemudian sampah-sampah tersebut dikumpulkan jadi satu lalu dibawa ke Pulau Bali untuk dibuang pada tempatnya.

“Sampah plastik menjadi permasalahan krusial yang harus menjadi perhatian dan tindakan nyata semua pihak elemen masyarakat. Ini sebagai bentuk ajakan kepada masyarakat untuk memperhatikan dan memerangi bahaya yang ditimbulkan sampah plastik,” kata Kapolda Bali.

Selain itu, apa yang dilakukannya juga merupakan implementasi dari Peraturan Gubernur Nomor 97 Tahun 2018 terkait pembatasan timbunan sampah plastik sekali pakai. Menjaga alam merupakan tugas dan kewajiban setiap orang. Tugas itu dimulai dari diri sendiri dengan melakukan hal yang paling sederhana dengan membuang sampah pada tempatnya dan membersihkan lingkungan sekitar.

“Mudah-mudahan apa yang kami lakukan memantik kesadaran masyarakat untuk mengurangi penggunaan plastik dan menjaga lingkungan sekitar bebas dari sampah plastik, terlebih di areal tempat ibadah dan tempat wisata,” harapnya.

■ Made Asnawa

Belum ada Komentar untuk " Usai Latihan Menyelam, Kapolda Bali Pimpin Bersih-bersih Sampah Plastik di Pulau Menjangan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel