Peringati Hari Pramuka ke-58 dan Bulan Pramuka tahun 2019, Kwartir Cabang Klungkung Gelar Klungkung Scout Festival.

Iklan Semua Halaman


Header Menu

Peringati Hari Pramuka ke-58 dan Bulan Pramuka tahun 2019, Kwartir Cabang Klungkung Gelar Klungkung Scout Festival.

BaliKini News
Selasa, 27 Agustus 2019






BaliKini.News - Di era revolusi industri 4.0 sekarang ini, gerakan pramuka harus mampu beradaptasi dengan pengetahuan digital. Anggota pramuka harus melek teknologi, termasuk mampu memanfaatkan media sosial untuk menyebarluaskan berbagai pesan positif terkait kegiatan-kegiatan kepramukaan dan kegiatan pemerintah. Demikian disampaikan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta saat membuka Klungkung Scout Festival 2019 di sisi timur monumen puputan klungkung, Selasa (27/8).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Suwirta mengatakan, berbagai upaya sudah dilakukan pemerintah kabupaten klungkung untuk mencetak generasi muda yang unggul. Di era revolusi ini, Bupati suwirta mengajak gerakan pramuka dan semua elemen untuk merevolusi mental. “Semua harus menyadari kata revolusi mental itu muncul, hal itu karena cita-cita bangsa belum tercapai. Untuk itu kita semua harus melakukan revolusi mental,”katanya.

Selain itu, Pejabat nomor satu di Pemkab Klungkung ini juga mengatakan kegiatan pramuka berpotensi sangat besar didalam mendidik karakter. Sebab, dalam pramuka anak didik bisa langsung diajarkan ketrampilan, ketangkasan, kerjasama dan pembentukan karakter yang mungkin tak cukup didapatkan dari sekolah saja. Dibulan Pramuka ini Bupati Suwirta berharap, gerakan pramuka mampu berinovasi dan mencetak generasi yang lebih baik. “Kepramukaan tidak cukup hanya melakukan baris bersaris dan penjelajahan saja. Pramuka harus mampu berinovasi dan mencetak generasi yang lebih baik.” harap Bupati Suwirta.

Sementara itu, Ketua panitia Klungkung Scout Festival, Wayan Sarjana mengatakan, Klungkung Scout Festival 2019 ini digelar dalam rangka memperingati hari pramuka ke-58 dan bulan pramuka tahun 2019. Ia juga menjelaskan tujuan Klungkung Scout Festival 2019 untuk mengembangkan potensi-potensi anggota pramuka dalam bidang teknik kepramukaan, meningkatkan kompetensi anggota pramuka dan menumbuhkembangkan sikap peduli dan cinta lingkungan. “Klungkung Scout Festifal digelar selama 5 hari, dari tanggal 27 agustus sampai dengan 31 agustus mendatang. Kegiatan ini mengambil tema, Melalui Klungkung Scout Festival Tahun 2019, Kita Tingkatkan Kwalitas Kepramukaan Menuju SDM Unggul 4.0 Berdasarkan Trisatya dan Dasadarma Pramuka,” jelasnya.

Selain itu, Wayan Sarjana juga menyampaikan Klungkung Scout festival tersebut akan mengadakan berbagai kegiatan-kegiatan maupun perlombaan diantaranya, penjelajahan tunas muda penegak, penjelajahan tunas muda penggalang, gelar aksi siaga, lomba gugus depan tergiat dan renungan suci. “Klungkung Scout Festival ini baru pertama kali digelar di Klungkung. Dan untuk hari ini diikuti oleh 60 kelompok,” imbuhnya. (hmsklk/r5)