Eksistensi Perempuan Dalam Peningkatan Kualitas Hidup Di Bali

Iklan Semua Halaman


Header Menu

Eksistensi Perempuan Dalam Peningkatan Kualitas Hidup Di Bali

BaliKini News
Rabu, 04 Desember 2019

BALIKINI.NEWS ■ Peringatan Hari Ibu yang jatuh setiap tanggal 22 Desember diselenggarakan berbagai kegiatan di Kota Denpasar. Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Pemerdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) bekerja sama dengan TP PKK Kota Denpasar menggelar kegiatan seminar.

Peringatan Hari Ibu yang ke -91 Tahun 2019 ini lewat gelaran seminar dengan tema 'Kedudukan Perempuan Bali dalam Hukum Adat Bali' yang di buka langsung Wakil Walikota Denpasar IGN Jaya Negara didampingi Ketua TP PKK Kota Denpasar Ny Selly Dharmawijaya Mantra bertempat di Graha Sewaka Dharma Lumintang Denpasar, pada Selasa (3/12).

Turut hadir pula Ketua WHDI Kota Denpasar Ny Sagung Antari Jaya Negara, Ketua Gatriwara Kota Denpasar Ny Purwati Ngurah Gede, Ketua Dharma wanita Kota Denpasar Ny Ida Ayu Kerti Iswara, Kepala Dinas KBPP I Gusti Agung Laksmi Dharmayanti, Camat Denpasar Utara Nyoman Lodra Beserta OPD Setda Kota Denpasar lainnya.

Wakil Walikota Denpasar I GN Jaya Negara mengatakan Peringatan Hari Ibu setiap tahun menunjukan bahwa kaum perempuan indonesia telah menempuh jalan panjang dalam mewujudkan peranan dan kedudukan perempuan Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dalam rangka menuju kemerdekaan Indonesia yang aman tentram dan damai serta adil dan makmur.

Dalam momentum untuk merenungkan peranan dan kedudukan yang menggambarkan semangat Nasionalisme perempuan berdaya untuk indonesia maju.

"Saya berharap dengan dilaksanakan seminar ini dapat mempertebal semangat semua komponen untuk mencapai kemajuan berbagai bidang pembangunan serta dapat mendorong semua pihak untuk memberi perhatian, pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor yang dapat membawa pengaruh positif bagi peningkatan kualitas hidup, pemenuhan hak dan kemajuan perempuan bila di beri peluang dan kesempatan mampu meningkatkan kualitas hidup dan mengembangkan segala potensi dan kemampun yang dimiliki," ungkapnya.

Sementara Kepala Dinas P3AP2KB, I Gusti Agung Laksmi Dharmayanti mengatakan peringatan Hari Ibu yang ke 91 digelar berbagai kegiatan diantaranya penanaman pohon, kegiatan sosial, hingga kegiatan seminar. Kali ini kegiatan seminar dengan tema  Kedudukan Perempuan Bali Dalam Hukum Adat  dengan tiga nara sumber  I Wayan P Windia Pakar Hukum Adat , AA Ketut Sudiana Bendesa Madya Dan Majelis Desa Adat Kota Denpasar , dan Ibu Retno Indaryanti Kusuma Psikolog RSUP Sanglah.

Kegiatan ini melibatkan ratusan peserta dari TPP PKK Kota Denpasar yang sebelumnya pada tanggal 23 Nopember juga digelar acara gerakan perempuan tanam pohon, Lomba Pecah Kucah untuk menjaring perempuan inspirator dari tingkat kecamatan dalam lima kategori yaitu kategori lembaga masyarakat, organisasi profesi, dunia usaha dan media kerjasama dengan Puspa Kota Denpasar.

"Kita berharap semoga dengan diadakanya acara ini kepedulian masyarakat Perempuan Berdaya existensi perempuan di berbagai sektor kehidupan dan perempuan di beri peluang dan kesempatan untuk mampu meningkatkan kualitas hidup di Kota Denpasar," Ujarnya. (R-02/rls)