Ini Jadwal Penutupan Pelabuhan ASDP Ketapang-Gilimanuk Dalam Rangka Nyepi

Iklan Semua Halaman


Header Menu

Ini Jadwal Penutupan Pelabuhan ASDP Ketapang-Gilimanuk Dalam Rangka Nyepi

BaliKini News
Jumat, 20 Maret 2020

BALIKINI ■ Dalam rangka Persiapan Pelaksanaan Pengamanan Hari Raya Nyepi Tahun Caka 1942 atau Tahun 2020, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ketapang-Gilimanuk, Jumat (20/3) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) di ruang rapat PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ketapang-Gilimanuk.

Rakor dibuka oleh General  Menager Region III, Fahmi Alweni sekaligus menyampaikan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena bisa berkumpul untuk berkoordinasi menentukan dan pelayanan terbaik dalam Persiapan Pelaksanaan Angkutan Perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Caka1942 Tahun Baru 2020.

"Dengan adanya Wirus Corona (Covid 19) hari ini juga semua kita harus waspada serta wajib menjaga kebersihan maupun kesehatan dan menghadapi Nyepi tahun ini, merupakan target utama kita memberikan pelayanan yang nyaman dan aman terhadap pelayanan masyarakat," jelasnya.

Sementara Jenderal Usaha Penyebrangan ASDP Ketapang-Gilimanuk, Heru mengaku siap mengatur pola oprasi pelabuhan agar dapat berjalan dengan lancar dan aman dalam pelaksanaan Hari Raya Nyepi ini.

Dirinya juga menyampaikan terkait dengan Virus Corona (Covid -19) agar semua pihak harus mewaspadai dan wajib menjaga kebersihan maupun kesehatan.

Dalam rangka pengamanan hari raya Nyepi Caka 1942 Tahun 2020 khususnya di penyebrangan ASDDlP Ketapang-Gilimanuk kita menyiapkan pos keamanan dan pos terpadu. Adapun jumlah Kapal Motor Penumpang (KMP) keseluruhan sebanyak 56 unit namun yang beroperasi sebanyak 32 unit dan yang off 24 unit. Lokasi kantong parkir bila terjadi kemacetan diantaranya kantong parkir Pelabuhan ASDP dsn kantong parkir lahan kosong ASDP.

'Selanjutnya, terkait dengan Pelayaran dalam rangka pelaksanaan Nyepi, Pelabuhan akan ditutup mulai hari Rabu tanggal 25 Maret 2020 pukul 00.00 Wib dan buka kembali hari Kamis tanggal 26 Maret 2020 pukul 04.00 Wib, sedangkan untuk di Pelabuhan Gilimanuk pelayaran terakhir berangkat pada hari Rabu tanggal 25 Maret 2020 pukul 05.00 Wita dan buka Pelabuhan Gilimanuk menyesuaikan dari Pelabuhan Ketapang atau pada hari Kamis tanggal 26 Maret sekira pukul 06.00 Wita," papar Heru.

Sementara itu, pihak Perwakilan dari semua instansi terkait diantaranya Polres, Kodim, Pemkab dan BPBD Kabupaten Banyuwangi termasuk Kabupaten Jembrana beserta Jajarannya pada intinya menyampaikan siap melakukan pengamanan pelayaran dalam kegiatan perayaan Nyepi.

Namun mereka juga sangat mengharapkan kerjasamanya dari segenap pihak baik pihak aparat terkait maupun dari seluruh masyarakat yang menjadk pengguna jasa pelayaran.

Rakor dihadiri sekira 60 orang Peserta diantaranya Kepala BPTD Wialayah XI Jatim, Kepala BPTD Wilayah XII Bali - Nusa Tenggara Barat, Kapolresta Banyuwangi yang diwakili Kabag OPS polres Banyuwangi, Kapolres Jembrana diwakili oleh Kapolsek Gilimanuk, Dandim 0825 Banyuwangi yang mewakili, Dandim 1617 Jembrana diwakili oleh Pasi Ops Dim 1617 Jembrana, Danlanal Banyuwangi, Danlanal Denpasar yang mewakili, Kepala Dinas Perhubungan Kab. Banyuwangi, Kepala Dinas Perhubungan Kab. Jembrana, Kepala KSOP Kelas III Tanjung Wangi, Kepala UPP Kelas II Gilimanuk, Kepala UPT P3 LLAJ Banyuwangi, Kepala Cabang PT Jasa Raharja (Persero) Surabaya, Kepala Cabang PT Jasa Raharja (Persero) Denpasar, Kepala Cabang PT Asuransi Jasaraharja Putera Surabaya, Kepala Cabang PT Asuransi Jasaraharja Putera Denpasar, Kepala BMKG Banyuwangi, Kapolsek Kawasan Pelabuhan Tanjung Wangi, Danramil Kalipuro, Komandan Pos TNI - AL Gilimanuk, Kepala Kantor Kesehatab Pelabuhan Gilimanuk dan Ketapang, Pemadan Kebakaran Banyuwangi, Kepala SAR Ketapang-Banyuwangi, Kepala SAR Gilimanuk -Jembrana, Ketua DPC Gaspasdap Ketapang beserta anggota, Ketua DPC Infa Ketapang beserta anggota, Para Manager Cabang dan Para Supervisor Ketapang dan Gilimanuk.

(Suar/*)