-->

Iklan

Gelar Program Environment Penghijauan, LCMR Tanam 1.050 Bibit Pohon di Tiga Desa

BaliKini News
Minggu, 06 September 2020, 18:51 WIB Last Updated 2020-09-06T11:51:27Z

BALI KINI ■ Lions Club Makassar Rajawali (LCMR) yang mendapat dukungan dari Balai Pembenihan Tanaman Hutan Wilayah 11, kembali menggelar program kegiatan Environment Lingkungan Hidup berupa penanaman 1.050 bibit pohon dengan sasaran 3 (tiga) desa di wilayah Kabupaten Gowa dan Kabupaten Maros.

Sebanyak 3 desa yang disasarkan sebagai tempat pelaksanaan program kegiatan Environment Penghijauan dan lokasi penanaman 1.050 bibit pohon kali ini adalah Desa Bulubalea dan Desa Bili-Bili di Kabupaten Gowa, serta Desa Tanralili di Kabupaten Maros.

Kegiatan tahap pertama berlangsung Sabtu (05/09/2020) di Desa Buluballea, Malino, Kabupaten Gowa yang sebelumnya diawali dengan proses pengambilan 1.050 bibit pohon dari Balai Pembenihan Tanaman Hutan Wilayah 11 yang dilakukan oleh Lion Ira Suryani, Lion Surya Mutiara Gani dan Lion Nirmasari.

Sebanyak 1.050 bibit pohon terdiri dari Rambutan (200 bibit), Durian (50 bibit), Mangga (25 bibit), Eucalypthus (300 bibit), Trintania (325 bibit), Nangka (100 bibit), dan Langsat (50 bibit), selanjutnya diangkut  dengan kendaraan yang telah disiapkan oleh Lion Toyo untuk dibawa ke lokasi penanaman.

Setiba di lokasi Desa Buluballea dilaksanakan penyerahan bibit pohon secara simbolis oleh President LCMR Lion Frengky Sengkey, dan kemudian penanaman pertama bibit pohon Eucalypthus yang dilakukan VIP Lion Laela Suhaeb dan selanjutnya diikuti seluruh anggota LCMR yang hadir.

Usai penanaman bibit pohon, kegiatan diakhiri dengan panen tanaman kol di lokasi penanaman bibit Desa Buluballea yang dilakukan oleh IPP Lion Juliani Jafar, VIP Lion Laelah Suhaeb, Lion Sulina, Lion Theresia, Lion Yuliarty, Lion Migrani Jafar, Lion Nirmasari dengan disaksikan President LCMR Lion Frengky Sengkey, Lion Abdi dan PIC Lion Surya Mutiara Gani.

Selanjutnya untuk penanaman bibit pohon pada tahap berikutnya di 2 (dua) lokasi di Desa Bili-Bili Kabupaten Gowa dan Desa Tanralili Kabupaten Maros akan dilaksanakan oleh PIC Lion Ira Suryani.

President LCMR Lion Frengky Sengkey menyampaikan, pihaknya sebelumnya telah melaksanakan program Environment Bank Sampah Unit Lions Club Rajawali Makassar (BSU LICRA) dengan tujuan membebaskan bumi dari sampah plastik. Kegiatan ini sudah berjalan sejak didirikan Februari 2018 dan telah mendapat legalitas dari Lions Club Internasional.


Menurut Lion Frengky, tujuan dari profram Environment Penghijauan ini nantinya selain bekerjasama para petani dengan sistem bagi hasil dan sebagian masuk ke kas club yang akan digunakan untuk kemaslahatan umat, juga sebagian akan dibagikan ke penduduk dan para petani di desa sekitar sebagai bentuk kepedulian dari LCMR kepada para petani dan penduduk setempat.

Sementara Secretary LCMR Lion Nirmasari menambahkan, proses pelaksanaan program kegiatan Environment Penghijauan dengan PIC Lion Surya Mutiara Gani dan Lion Ira Suryani sudah dimulai sejak Agustus 2020 yang diawali peninjauan lokasi penanaman bibit pohon di 3 tempat.

"Dalam peninjauan itu diperiksa kecocokan bibit yang akan ditanam dengan disesuaikan kondisi alam, ketersediaan air dan kerjasama petani setempat," jelas Nirmasari.(MD/R-01)
Komentar

Tampilkan

BERITA TERBARU

KABAR BANGLI

+